Tuesday, March 31, 2009

DOKTER...DOKTER..ckckck...

Aduh..pantesan aja fakultas kedokteran itu ga pernah sepi.....
Antrian dokter semalam suntuk...

Kemarin sore, ketika Alex jemput aku di sekolah...sambil perjalanan pulang aku suapin Alex...eee...sampe rumah muntah.
Trus aku suapin lagi...muntah 2 kali lagi...
Trus suapin lagi..dia mau makan beberapa suap...lalu main ama papanya..ketawa2..muntah lagi...
Trus ahkirnya aku kasih minum susu...ampir abis 250 ml...eee...muntah lagi...

Karena takut kenapa-napa..apalagi Alex lagi flu..trus kita bawa ke dr. Nunuk (dokter umum dekat rumah)
Aku, Mas Ayok, Alex ama Encus berangkat jam 7 malem en dapet nomor 74..padahal saat itu masih nomor 23. BUSYEETTTTT.....ITU PUN DOKTER UMUM....BUSYEETTTT...
Alhasil...Alex begadang ampe jam 11 malem deh semalam....
Tapi memang Alex cocok sih ama dokter Nunuk..lagian murah :p Rp. 17.000 udah sekalian ama obatnya (kecuali obat yang dia ga punya dan harus ditebus sendiri..itu pun harganya relatif murah..)

Ada lagi pengalaman dengan Prof. Soebianto (dokter yang praktek di deket Mayjen Sungkono Sby atau dukuh kupang..)
Ampun deh kalo dokter yang satu ini...
Pertama aku diberi tahu kalo mo pesen harus telpon jam 4 pagi...pikirku saat itu.."Ah becanda nih orang..masak telpon subuh-subuh.."

Jadi aku jam 5 pagi baru telpon...dan aku dapet nomor 40-an..yang kemungkinan akan kepanggil jam 2 pagi...Bayangin...Telpon jam 5 pagi buat ke dokter..dapetnya jam 2 pagi KEESOKAN HARINYA....
Dan ternyata emang bener... AMPUN....Mana dokternya mahal lagi (ketika dr Sasongko-dokter anak buat Alex- masih tarif Rp.100.000, Prof Soebianto udah Rp. 300.000)..ckckck...Coba Alex ga baru opname, pasti ga bela-belain ke dokter itu...

Profesi dokter kayaknya yang ga bakal kena imbas krisis global nih...
Tapi sama dengan pendidikan yang sekarang udah jadi bisnis...
kesehatan pun udah jadi bisnis...
Lalu gimana dengan nasib orang yang kurang mampu ya...ckckck...

*renungan seseorang yang prihatin..tapi saat ini masih dengan munafik terjun di salah satu bisnis pendidikan *
*sigh*

12 comments:

sepur said...

itulah realitas pengobatan di indonesia. untuk masyarakat seperti kita terlau mahal, pantas saja pengobatan alternatif , ponari.....laris manis

IjoPunkJUtee said...

"BISNIS" berekspansi melebarkan LAHAN ke bidang yang tadinya "dikuasai" SOSIAL.....

SOSIAL dah bosen dengan kemelaratan, so...jual lahan jadi solusi.

frizzy said...

Dokter memang diperlukan selama kita, orang awam, gak ngerti gimana ngobatin penyakit. Masalahnya kadang2 kita merasa belum dapat dokter yang cocok dari segi metode pengobatannya dan harganya.
Tapi yaa nasib, memang dah begitu yaa, hehehe...

Cheers, frizzy.

J O N K said...

mmmm, gimana ya ...
jadi bingung inih :D ...

jaman sudah berubah, jadi harus pinter2 merubah sesuatu jadi sebuah bisnis ..... mmmm , gak nyambung ya mba ... *sigh*

kopi said...

sekarang kalo mau jadi dokter harus punya duit, bukan harus punya otak.

Etha said...

ho'oh .. masa ngantri dokter ampe jam 1 malem

etha bukannya sembuh, malah tambah sakit

Risti said...

awalnya berazaskan kemanusiaan, lalu terkikis dengan era komersial menjadi berkedok kemanusiaan tetapi didalamnya penuh dengan bisnis yang menggiurkan menutupi rasa kemanusiaan.

Imam Wahyudi said...

Prihatin dengan biaya kuliah jaman sekarang.

Dulu, para orang tua minta anaknya belajar keras supaya bisa masuk PTN favorit. Berusaha keras mencari biaya untuk kuliah anak

Nanti anaknya lulus dapet kerjaan bagus, bisa mengubah nasib ekonomi keluarga.

Sekarang, masuk kuliah PTN lebih mahal daripada swasta.

Yang kuliah juga tinggal bayar lewat paket kemitraan, cuma 25% yang bisa lewat seleksi. Itupun hanya yang ekonominya kuat.

Lalu dimana istilah roda bisa berputar?

Heran dengan para praktisi pendidikan sekarang. Negara makin maju harusnya pendidikan makin murah, ini malah gak jelas ...

nenoneno said...

baru tau ada antrean dokter kayak gitu. kayaknya di Denpasar ga parah parah amat. :P
hmm.. kayaknya tergantung orangnya kali ya. saya yakin tiap profesi pasti ada yang korup ada yang ga. termasuk guru (karena saya guru) juga gitu. ada yang shitty, ada yang profesional. and the thing is: we all need money to live. saya ga keberatan koq gaji guru sama kayak gaji dokter selagi saya profesional. hahaha. amin amin. *maksudnya apa coba ya?* :))

Karila Wisudayanti said...

@sepur : Hehehe..bener juga..jadi ada Ponari Sweat itu ya..

@IjoPunkJutee : Tul boss..memang ini realitanya *sigh*

@Frizzy : hehehe..nasib ya bang...bener kata orang..kalo sekarang "sehat itu mahal tapi sakit lebih mahal lagi " *sigh again* :)

@Jonk : hehehe..nyambung kok boss..

@Kopi : Betul...di univ tempat bokapku ngajar...fak kedokteran yang paling keliatan besarnya uang yang harus dikeluarkan....

@Etha : sekarang dah sembuh khan Tha??

@Risti : bener mbak..wuih...dalem mbak.. :)

@Imam : hehehe..baca komen anda, jadi ngerasa tersindir juga bang.. :p
Aku sekarang menjadi guru, tetapi selain alasan idealis sehingga memutuskan untuk jadi guru walo background-ku teknik....
Ada juga alasan realistis-nya...aku ga munak, aku bekerja di tempatku sekarang karena duit juga... :p
(walo hal itu menyebabkan aku mengajar hanya beberapa gelintir orang dari kalangan "berada"...)
I hope and I wish someday, aku bisa ngajar anak2 dari keluarga kurang mampu, tanpa aku perlu pusing juga mikirin akan diberi makan apa anakku hari itu :p

@neno :hahaha...idem..HIDUP GURU :p

Tips Kecantikan said...

tuh dr.soebianto sebelahan gang sama rumahku mbake...kalo masih ngantri..mampir ajah kerumah..hueheuheu...

tuh dokter mang dahsyat mbak...ndak pernah ada libur kecuali hari raya.....

*sambil mikir, ql per klien 300rb...sehari bisa ratusan klien...wah......oh noooo...*

Karila Wisudayanti said...

@ Mbak anna : Ooo, deket prakteknya dr. Soebianto ya mbak...
Iya, pendapatannya tinggal dikaliin aja tuh...I wish someday juga bisa bisnisan kayak gitu.khekekek...