Sunday, March 29, 2009

GLOBAL CRISIS STRIKE MY FAM.. :(

Krisis global sudah terjadi beberapa bulan yang lalu...
Mungkin dampaknya tidak terlalu nyata selama ini (Mungkin selain bunga KPR yang naek :p)
Tetapi saat ini, dampaknya mulai terasa di kehidupan keluargaku...

Di dalam industri pendidikan belum terlalu terasa (makin lama pendidikan aja emang jadi industri sih :p)... kenaikan gaji ku di sekolah, hasil appraisal kemarin juga masih sesuai "prediksi" hehehe...

Tetapi suamiku yang berada di dunia manufakture saat ini bener2 terasa imbasnya.
Memang perusahaannya berusaha untuk tidak mem-PHK kan para karyawan, tetapi karena terimbas dengan krisi yang terjadi...sehingga perusahaan pun berusahan untuk mengurangi pengeluarannya.

Salah satunya membuat shift yang semula 3 shift menjadi 4 shift sehingga kalo biasanya papanya Alex ga ada liburnya sama sekali (Sabtu-Minggu dan hari besar pun biasanya masuk) sekarang seminggu bisa libur 2-3 hari.

ENAK DONK??
Emang ada enaknya..ada lebih banyak waktu untuk keluarga..tetapi itu berarti juga berkurangnya penghasilan untuk keluarga (karena di pabrik 50% penghasilan khan didapat dari hasil lembur..)

Untuk Mas Ayok yang ada jabatan fungsional, masih tertolong dengan tunjangan jabatan dan tunjangan lain-lainnya (Walaupun mungkin akan berkurang sekitar 600rba an dari biasanya...) *sigh*
Yang sangat memprihatinkan adalah nasib para foremen dan operator.
Penghasilan mereka bisa terpotong 60% dari take home pay yang mereka peroleh...padahal Bapak-Bapak itu juga memiliki keluarga dengan anak2 yang sudah bersekolah di SMP-SMA...

Semoga para caleg yang ada sekarang ga hanya gembar-gembor aja..tapi bener2 ada tindakan riil untuk menggerakkan lagi perekonomian dan manufaktur yang ada....

Kalo dari aku dan keluarga sendiri mungkin memang sekarang terasa berat, oleh sebab itu kami berusaha untuk cari ceperan dari bidang lain..misalnya dengan warung yang akan buka dan rental buku...

Cara paling gampang sebetulnya untuk menghemat pengeluaran sebenarnya adalah dengan memberhentikan susternya Alex (gaji suster sekarang ngalahin gaji PNS golongan II atau IIIA..ckckck...)...tapi dia dah kayak keluarga jadinya ga tega :p
Lagipula Alex dah lengket dengan dia..dan cari orang yang bisa dipercaya ngurus anak khan susah...

Jadi sekarang hanya dapat berusaha dan berdoa biar Tuhan membukakan jalan-jalan yang lain..

11 comments:

tisti said...

semua pusing apalagi ibu2 krn imbas krisis global ini, tp kyknya kita gak usah berharap terlalu bnyk pd calon2 anggota dewan yg terhormat.

apalagi masa kampanye ini, mereka gak beda dgn penjual obat, untk bangsa yg lg 'sakit' ini. iya..kalo obat yg dijanjikan mujarab buat bangsa dan negara kita, na..yg jd masalah kan..kalo tuh obat yg di jual/dijanjikan ternyata palsu..??!!

nath said...

bener nihh smua ny lg pada pucinggg.... kayany idup makin susah aj nehh.. huihhh...

tapi harus tetap semangat ya mba
smangat!!!!!
dari pada strees mendingan nge blog.. hahaha..

Karila Wisudayanti said...

@tisti..
Betul Tis..kadang miris juga liat banyaknya uang yang dikeluarkan untuk Kampanye dan Pemilu..Ckckck..padahal rakyat yang kekurangan masih banyak...

@ Nath...Semangat juga ya nath...
Keep blogging :)

zener_lie said...

jangankan dirimu, aku sendiri yang belum merasakan dunia kerja pun terasa dampaknya. bahkan lebih parah. finansial keluarga terus membengkat karena hal2x yang tak terduga.

tapi aku cukup bersyukur akan kesempatan yang diberikan. bulan 8 nanti aku dapat beasiswa sehingga aku sekolah dan aku bisa menabung. bantu2x mengurangi beban orang tua. kurang 1 orang yang diurus.:)

IjoPunkJutee` said...

Emang jaman sekarang harus pinter2 nyari saweran...apalagi seorang IjoPunkJutee yang "hanya" berstatus karyawan....

..mamafhia.. said...

kita yg jd istri pusing sembilan keliling yah tiap bulan muter-muterin budget...
yang bayar asuransi anak lah.. bayar cicilan rumah lah (bunga KPR lagi gila-gila'an pula).. blanja bulanannya lah.. susu-pampers anak lah...dan sebagainya dan sebagainya...

emang gaji baby sitter bisa nyampe 2jt'an bu?

tunsriana said...

"Berkunjung ketetangga mode on"
mang kondisi negara kita dah separah itu ya Ril... maklum hampir satu tahun ini jauh dari negeri tercinta. mungkin kondisiku lebih beruntung, belum ngerasain susahnya hidup di dunia kerja, waktu kerja pun....kondisi negara aman terkendali jadi aman2 saja.

Karila Wisudayanti said...

@zener : Wah selamat ya zen buat beasiswanya... I'm happy for u

@ IjoPunkJutee : hehehe kok "hanya"? Kalo karyawan dengan gaji 20 juta per bulan mah ga usah pusing..hihihi...

@mbak fhia : Bener Mbak..jadi istri emang kudu multitasking...

Si nadia ikut asuransi apa mbak? Saya ikutin Alex di salah satu program link..hanya beberapa minggu sebelum krisis global itu..jadi sampe sekarang belum keliatan hasil investasinya

Gaji susternya Alex 850rb (kalo suster untuk bayi sekarang bisa 1,1jutaan lho..), mbak..tapi itu khan gaji bersih... (misalnya diitung bahwa seharusnya di kost sekitar 300rb, trus biaya makan sehari misal 15rb berarti sebulan 450rb, trus sabun,dkk ambillah 50rb..berarti gaji susternya khan dah setara ama 1,6jutaan :)...gitu maksudnya mbak..)

@Tun : WAWWW..kangen....kapan mudik Tun...Benernya di Indonesia juga masih belum terlalu parah kok..cuman kebeneran aja Mas Ayok terkena dampaknya sekarang...

Indra Kurniadi said...

Rila..kan target kita tahun ini bisa dapet omzet 2 M hehehe Semangat2!

nenoneno said...

mungkin karena saya masi tinggal ama orang tua, jadi dampaknya ga begitu terasa ya. semoga ada jalan keluar buat masalah keuangan keluarga Mba Rila. :)

Karila Wisudayanti said...

@ Indra : hehehe..sippp bos...:)
Semoga untung bersih tahun ini bisa lebih dari 1 M ya, mas...Amien.Amien.Amien

@Neno : Makasi doanya ya nen...Salam buat keluarga :D