Saturday, February 21, 2009

TEACHING BUSINESS FOR KIDS

My husband has a dream to own his own business empire one day. I wish it can be dreams come true :D and right now we still struggle for it. I'm enjoying my job as a teacher but I also want his dream come true. So, we try to teach business to Alex very early (mas Ayok idea mostly).... If Alex get used to know on how a business is run, then hopefully it can enriched him in the future. Beside, through it, we hope Alex can socialized well with other people. Coz in business, it involve how you make a networking with others, how you treat others...It doesn't mean we put high pressure on him, it just we want him to have fun with it....Learn to see how his mom and dad earn money, build relation, or maintain something

Semenjak umur Alex sekitar 14-16 bulan (lupa tepatnya sih, pokonya mulai dia bisa mulai jalan sendiri :p) Alex dah ikut bantu usahanya papanya jualan galon...hehehe...jadi setiap ada orang yang pesan galon, Alex ikut susternya nganterin galon untuk para tetangga sekitar rumah (Untuk yang di daerah kampus ITS, ada orang lain yang membantu kami..)  dan setelah itu, Alex yang akan bawa galon kosongnya. Setiap kali Alex bisa bawa sendiri galon kosongnya, Alex dapet Rp. 500 buat dimasukkin ke celengannya...Dikit-dikit jadi bukit kata orang..hehehe.... Dan alex juga seneng kalo bisa masukin uang ke celengan..:D

Nah kemarin juga ketika susternya Alex mulai jualan sandal dan sepatu wanita....si Alex pasti ikut (kecuali kalo lagi hujan atau cuaca buruk..) jualan door to door ke para tetangga di sekitar rumahku.

Hehehe...gayanya udah kayak penjualan kawakan...ketika sudah di rumah salah seorang tetangga, Alex akan buka kardus-kardus itu dan dengan celotehnya yang masih cadel bilang.. "ini ya..ya...ini?" atau "ini agus..ya hau? (ini bagus, ya..mau?) huahaha..kalo susternya Alex cerita tentang hal ini..aku sampe ngakak...Alex..Alex..dia lebih jago jualan daripada mamanya...

Jadi teringat almarhum mamaku...karena beliau juga orang yang sangat persuasif dan jago jualan..hehehe...nurun ke cucunya. Dan rata-rata orang akan beli daganganya Alex..mungkin karena liat gaya Alex yang lucu pas ngejualnya...hehehe....Dan dirumah Alex juga suka tiru kegiatan jual - beli kayak di swalayan, atau jadi kayak penjual bakso...hehehe...lucu...

Prinsip aku dan Mas Ayok, selama pekerjaan itu masih dalam jalan yang benar, masih halal....berarti ga perlu malu khan...Cak Eko dan Cak Man yang jualan bakso aja juga bisa sukses banget..hehehe...

Dan mulai minggu depan, kayaknya pengalaman Alex untuk jualan akan bertambah karena aku akan buka persewaan buku dan dvd serta jualan pulsa dan juice di rumah.

Mohon doa restunya ya :)

5 comments:

Miss Anna said...

Duh si Alex uda punya jiwa bisnis yah....bagus tuh mbak buat melatih motorik anak biar tanggap

Tips Kecantikan said...

wah ternyata bu guru ene oang surabaya yah...koq anna baru tw yah? hehheheh

Girls Corner said...

buat Alex..tar kalo nawarin parfum ke tante ajah yah say....wekkekekekek pengen taw gaya jualannya

mommy adit said...

waw.. rajin ya jualannya.. mo jual dvd sama juice juga? saya boleh numpang jualan lipstik nggak, Alex?

Karila Wisudayanti said...

@Mbak Anna...hehehe iya mbak...semoga aja... :D
@Tips Kecantikan....iya mbak..orang keputih sukolilo :p
@girls corner...boleh aja tante :)
@mommy adit hehehe...boleh aja tante..tapi kayknya lipstik yang dijual mamanya alex sama ama jualannya mommy adit...hehehe..masih aktif di dbc khan mbak? :D