Saturday, April 25, 2009

Loyal Person Hard to Find....

Ini adalah sepenggal kisah dari pengalamanku ketika merintis sebuah perusahaan yang kumiliki sekarang dengan partnerku….

Semua berawal dari sebuah ide dari sobatku di kampus perjuangan dulu :p
Lalu dengan bermodalkan kurang dari 100ribu(yang mostly kepake untuk pesen kartu nama dan kop surat+stempel), kami membuka usaha ini bersama…
Lalu pada perkembangannya, partnerku sekarang yang berada di Jakarta turut ikut dan membuat perusahaan ini semakin besar :> (Walaupun dia orang yang kadang terlalu risk taker…sehingga bikin aku yang ga ada sense risk taker jadi deg2an..)
Dari perjalanan yang lebih dari 5 tahun tersebut, ada beberapa orang yang kepadanya aku (personally)berhutang budi..dan hari ini aku pengen memberikan sedikit penghargaan bagi mereka….

Di kantor Surabaya
Setahun setelah usaha kami dirintis, ada dua orang mahasiswa baru (masih culun-culun saat itu..hehehe..) yang bergabung dan membantu dalam pelaksanaan operasional. Pada saat itu masih ada mantan partnerku, Mbak Riris (Thank you banget ya mbak..untuk masa2 itu..)
Kedua mahasiswa baru ini, walau mereka maba tapi semangat kerjanya tinggi…
Rorita Carolina (Lina) dan Irwadi Hidayat (Irwadi), mereka memiliki sense of belonging yang tinggi banget….
Pada masa itu, gaji mereka tidak seberapa (sempat ga ada gaji bulanan malahan..), tetapi mereka yang bikin kantor Surabaya tetap exist… (sekarang aku kesulitan sekali nyari pengganti kalian, rek..miss you)
Lina banyak membantuku di sisi administrasi dan keuangan…. Aku mempercayakaan ke dia semua "jerohan-nya perusahaan" hehehe....dia sudah kuanggap adik sendiri, dan saat ini kudengar dia sedang merintis bisnisnya sendiri (I wish you success, Lin..) dan malahan aku belajar ke dia untu bisnis yang lain (kapan nih lin bisa ke tempatku lagi..??)
Irwadi, walaupun seringkali bikin jengkel karena “being irwadi” (undefined deh…ya karena begitulah dirinya…:p) tapi aku bisa selalu mengandalkan dirinya..sampe kadang aku kepikiran “paling irwadi di suruh nyebur jurang..mau juga kali ya..hehehe..”
Dan karena “being irwadi” tadi walo kadang muangkel dan dongkol poll..tapi ga tega kalo mo marahin dia…hehehe..tampang melas… :p
Sekarang dia sudah bekerja di PMA di pandaan..(itu pun masih sok gaya ga mau awalnya…oalah, di..di…jok aneh2…Semoga dia sukses sepanjang hidupnya…) Makasi juga buat film-filmnya..(Dia selalu memberikan file film hasil download, ketika dilihatnya aku dah terlalu stress atau ga fokus..hehehe..)

Kantor Jakarta
Dulu dari awalnya, partnerku berjuang sendiri di Jakarta dengan hanya dibantu oleh Cecep Jaenuddin (Asep)..mulai dari jaman Asep bujang ampe sekarang dah ada seorang putrid yang cantik… Matur Nuhun, Kang…Makasi ya, Sep…
Dia memiliki kepedulian yang sangat tinggi sekali ama perusahaan…Bahkan dia dapat melihat sesuatu yang dapat menjadi masalah sebelum kami para owner merasakannya…
Dan satu prinsipnya yang saya acungi jempol, dia sempat bilang begini “ Mbak, saya itu kerja ga buat bos yang ini atau itu..tapi bagi saya buat perusahaan..kalo PGD maju, saya bangga” (garis besarnya kayak gitu deh..word per wordnya agak lupa :p)

Selain itu sekarang di Jakarta ada sebuah tim yang solid banget (Ratna-yang awalnya dulu takut nerima telpon, tapi sekarang malah pekerjaannya terima telpon tiap hari dari klien-, Eni-yang terlalu lemah lembut, sampe ga tega kalo mo marahin kamu, En..hehehe-, Kiki-yang merupakan ujung tombak untuk konsultasi-, Vivi dan Sherly –tim marketing yang hebat-, dan Fariza –di IT and website maintenance-)
Dari pertanyaan-pertanyaan yang sempat aku lontarkan ke meraka Desember kemarin, mereka merasa memiliki bersama perusahaan ini..Dan untuk itu, aku sangat berterima kasih…
Mungkin sekarang, kami belum dapat memberikan yang lebih kepada semuanya….tapi mari kita berjuang bersama….(seperti Pak Indra sering bilang ke kalian..)

Singkat kata “TERIMA KASIH UNTUK SEMUANYA..”

Dedicated for Jakarta Team (Ratna, Eni, Vivi) who willingly to have over work on Saturday in order to fulfill a tender…(Semoga tendernya goal…Amien..)

19 comments:

J O N K said...

wah, seru banget kalau perusahaan dan kayak gini, jadi seperti saudara semuanya :) ,,, maju terus mba :)

Karila Wisudayanti said...

@ Jonk : makasi Jonk...Aku emang lebih seneng dengan suasana kerja yang gini..semua merasa nyaman dan memiliki..daripada kerja dlm tekanan,pasti banyak yang ga tahan (padahal karyawan adalah aset terbesar perusahaan :p)

Elzenz said...

Wahhh seru euy, iya mba aku setuju karyawan adalah aset terbesar perusahaan.

Owyah mba, sekalian sekilas info. nanti tanggal 16 Mei 2009, kita mau ada acara KOPDAR para keluarga BIZMART (bisnis-smart) dan para pemilik bisnis. untuk detailnya aku baru bisa kasih kabar hari rabu-an. thanks ya mba...

nenoneno said...

wah selamat and semangat ya mba! emang bagus tu perusahaan yang nerapin sistem kekeluargaan (and tetap profesional). karena gawat juga kalo karena suasana kantor yang ga friendly, dikit dikit karyawan pengen keluar. sukses terus! :D
*btw usaha apa ni?* :)

IjoPunkJUtee said...

Acung 2 jempol tuk dedikasi kerja seperti ini.....

“ Mbak, saya itu kerja ga buat bos yang ini atau itu..tapi bagi saya buat perusahaan..kalo PGD maju, saya bangga”

Karila Wisudayanti said...

@ Elzenz : Okay kabarnya ditunggu ya :)

@ Neno : Iya nen..sukses buat kerjaan barunya ya...

@Ijo punk Jutee : Iya, aku juga salut dan respek banget ama si Asep..

attayaya said...

bisnis ne opo tho mba rila?
enak mang kalo semua dah akrab gitu

salam kenal juga mba

Karila Wisudayanti said...

Makasi dah mampir ya atta...
Bisnis yang lagi kurintis bergerak di bidang training&consulting QHSE :)
Semoga sering mampir ya :)

Lala said...

Syukur banget ya mbak bisa ketemu rekan kerja yang baik baik...moga lancar bisnisnya

Karila Wisudayanti said...

makasi mbak lala

bagus pras said...

wow..keren.., orang muda seperti mbak ini yang diperlukan oleh bangsa ini....energik dan menciptakan pekerjaan bagi lainnya...mantap.

chikal said...

lam knl ya bu...
ajak2 kerja lah nganggur niih.. :(

budiawanhutasoit said...

emang seru mbak..merintis perusahaan sendiri dari nol..
banyak suka dan dukanya.
saya juga demikian..sy bersyukur punya partner yg bisa saling percaya dan juga anak2 (karyawan), yang bisa memiliki sense of belongin yang tinggi..
sy sering bilang ke anak2 itu : sedikit kita bagi, banyak apa lagi..artinya semua pihak hrs bisa merasakan yang didapat, jangan hanya owner.
satu lagi mbak..saya sering bilang (terutama ke bagian keuangan) : lebih baik ngomong daripada nyolong.
lha..koq saya malah jadi curhat ya mbak..hehe..

salam double sukses!

Karila Wisudayanti said...

@ Bagus Pras : makasi pujiannya..saya masih dalam proses merintis dan belajar kok mas...masih mencoba membuat balance semuanya :D

@ Chikal : Hehehe...salam kenal juga..boleh aja...japri ya..

@Bang Budi : wah, ga terkira senengnya saya mas, ternyata menemukan juga seseorang yang juga mengerti suka-dukanya..Biasanya orang berpikir kalo jadi owner suatu perusahaan itu ynag enak-enak doang..padahal banyak juga susahnya..
Kalo kita jadi pegawai, mayoritas waktu kerja kita hanya from 8 to 5, tapi kalo sebagai seorang owner harus mikir 24 jam sehari..mikirin gimana biar lebih sukses (karena menanggung nasib orang lain yang jadi karyawan kita..) harus mikirin terobosan biar ga kalah ama kompetitor..
Kapan2 kita sharing ya bang..Aku masih harus banyak belajar nih..Curhatan anda sangat berarti untuk menambah pengetahuan saya :D

st_hart said...

wah, emang seru n beruntung banget kalo punya tim kerja yang solid. kalo saya lebih cocok jadi lone ranger....n lonely ranger :D
salam kenal...

astrid savitri said...

Loyal people are indeed hard to find, nevertheless a person with attitude to gratitude like you is difficult to find too, Karila :)

Karila Wisudayanti said...

@S_hart : Salam kenal Lonely Ranger :)

@ Mbak Astrid : Mbak...MAKASI..MAKASI banget..
Never thought that way...
When I read your comment, I almost burst in tears..(for real!!!) your compliment to me is more than what I expected..Thank you...
I'm one of your writings' fans :)

riris said...

Wow...I've read your blog today after irwadi told me about this blog. Ps: ini ku lg jenguk Irwadi yg hbs operasi patah tulang di RS Mitra Keluarga Cikarang.

karila arilex said...

baru liat ada komennya mba riris :D