Sunday, May 31, 2009

WACANA FACEBOOK HARAM

Ketika kemarin aku berkunjung di forum kickandy.com, ternyata masih ada yang membahas tentang wacana MUI bahwa facebook itu haram....

Well, mungkin pepatah "..Tak Kenal Maka Tak Sayang.." ada benernya juga...
Mungkin para ulama dan para kiai di MUI belum tahu dan tidak punya account di facebook, sehingga mereka hanya melihatnya dari sudut negatifnya saja...

Bagiku, segala hal itu pasti ada dua sisi yang berlawanan...sebuah obat yang mujarab dapat menjadi racun di tangan orang yang salah, tul nggak??

Nah, itulah yang menuntuk kedewasaan kita untuk menyikapinya... Apakah fesbuk akan jadi sesuatu yang hanya wasting time ato tidak...

Aku sendiri mulai "kenal" fasbuk, ketika partnerku bilang bahwa semua harus punya account di fesbuk untuk memudahkan komunikasi...tapi awalnya aku masih ogah-ogahan (seperti era friendster sekitar 5 tahun lalu)...

Lalu suatu hari ketika aku punya feeling ga enak tentang kakak angkatku di Norwegia, yang telah putus hubungan ampir 2 tahun. Jarak Indonesia-Norway tidak memungkinkan informasi yang mudah tentangnya..Gugling dan segala cara kucoba, dan Facebook-lah (en LinkedIn) yang membantuku bisa kontak lagi dengan dia seperti sekarang.. (Bisa dibaca disini..)

Jika memang facebook nantinya diharamkan dan diportal, kupikir juga bukan solusi buat nyetop pornografi,dll yang mereka kuatirkan....Bahkan manusia biasanya akan lebih merasa tertantang untuk "membuka" sesuatu yang "ditutup-tutupi" hehehe....Iya nggak???

Sebagai guru dan orangtua, aku juga prihatin dengan moral bangsa ke depannya..tapi itu bukan berarti bahwa kita harus mengisolasi anak kita dan generasi selanjutnya tentang perkembangan yang terjadi di dunia....yang bisa kita lakukan adalah mendampingi mereka, sehingga mereka tidak akan salah jalan...Hehehe...bahkan karena ada fesbuk aku jadi tahu kalo ada anak-anak didikku yang lagi berantem ato suntuk :p

Perkembangan hidup di dunia pasti selalu berubah...Beberapa perubahan adalah untuk hal yang baek, beberapa perubahan tidak...Kita yang harus pintar-pintar milihnya...Kita yang harus pintar-pintar mendidik anak kita untuk membuat keputusan terhadap perubahan...

SO...mari kita berfacebook ria...Mareee...But remember to be wise to use it :)

Wednesday, May 27, 2009

PENYAKIT MENYERANG...

Kalo temen2 lihat...
Ampir 2 minggu ini, aku ga posting hal baru di blog ini...
Semua itu karena penyakit...

Laptopku tersayang terkena penyakit..hiks-hiks..dan harus opname selama 1 minggu :(

Udah gitu, mungkin karena banyaknya hal yang harus dipikirkan dan dikerjakan akhir-akhir ini...jadi penyakitnya menyerang diriku juga....

Busyeet...
Sekali kena penyakit langsung kena 2 komplikasi.,...
Yang pertama pilek-batuk dan sesak napas..
Yang kedua penyakit MBIB (Males and Buntu Ide Blog) hehehe...

Kalo yang pertama udah digelontor dengan ciproflaxin (berhubung alergi penicilin, tetra dan sulfa), fludexin dan neo napacin...

Nah yang penyakit kedua nih..bingung, diobatin apa ya....
ADA SARAN? :)

Sunday, May 17, 2009

Cerita tentang Seorang Guru Senior...Mohon bantuan Doa-nya...

Maaf teman-teman..hari ini aku akan posting sesuatu yang kopas (kopi paste bo..) - walo itu against norma blogger- Tulisan ini dari rekanku di sekolah, Ms. Jenny...
Karena aku juga mengenal sosok ibu yang diceritakan di sini...Beliau-lah yang menginspirasi salah satu postingan-ku tentang waktu... Betapa aku merasa aku belum memaksimalkan waktuku, jika aku melihat ibu ini...
Cerita selengkapnya silahkan temen-temen baca tulisan Ms. Jenny berikut...
-------------------------------------------------------------------------------------------------
Dear friends,Aku mau curhat tentang seorang ibu, yang menjadi guru, usia ibu ini sudah cukup tua yaitu 68 thn, usia di mana si ibu seharusnya pensiun dan menikmati usia tuanya.
Tetapi keadaan berkata lain...si ibu ini harus tetap bekerja dan mencari nafkah buat keluarganya krn beliau satu2nya tulang punggung keluarga-suaminya sakit2an dan beberapa kali kena stroke.

Beliau adalah seorang guru yang kreatif dan rajin...selain mengajar, si ibu juga aktif di ibu2 PKK di RT-nya dan menerima jahitan sebagai side jobnya. Setiap hari si ibu harus bangun subuh utk menyiapkan makanan dan membersihkan rumah baru kmd berangkat kerja...seplg kerja beliau msh harus memasak utk makan malam dan melanjutkan jahitan yang belum selesai hingga larut malam...setiap hari hny bisa tidur 4-5jam...hebatnya si Ibu tidak pernah mengeluh...beliau selalu bersyukur...

Saat ini si ibu ini mengalami sakit karena rahimnya turun dan mendesak ginjalnya dan rahimnya keluar, sehingga dia kesakitan saat harus bekerja, duduk ataupun berjalan...tapi beliau tidak mengeluh sedikit pun...beliau bahkan berkata kepadaku, "ya semua ini hrs diterima, masakan kita hanya mau menerima yang baik saja?"

Hatiku menangis mendengar perkataan beliau yang mengingatkanku bhw kita hrs tetap brsyukur.Teman2, aku paksa si Ibu utk berobat ke dokter kandungan dan dokter berkata bhw beliau hrs dioperasi - itu jalan satu2nya.
Dokter sdh melakukan pemeriksaan darah dan jantung dsb dan hasilnya bagus dan operasi hrs dilakukan hari Selasa depan. Si Ibu bilang beliau tidak punya cukup dana utk operasi, dana yang ada hny 2 juta, sementara biaya operasi sj 12jt, blm termasuk obat dan perawatan setlhnya.

Teman2, aku cerita ini utk mengetuk hati kita semua utk bisa membantu operasi si Ibu ini, bantuan bisa berupa doa maupun uang. Inilah saatnya kita menunjukkan kepedulian kita thd sesama. Mari kita bantu beliau spy beliau bisa beraktiivitas kembali dan kehidupan keluarganya bisa kembali pulih.Bagi yang berminat membantu dana, bisa beritahu aku via email or sms dan aku akan beritahu no rekening beliau spy kalian bisa transfer.

Aku atas nama beliau mengucapkan terima kasih atas bantuan doa, perhatian dan dana dari teman2 semua.God bless her and all of us.
-------------------------------------------------------------------------------------------------

Beliau adalah seseorang guru dengan dedikasi tinggi dan daya kreativitas yang tak pernah habis...
Aku selalu terkagum-kagum bagaimana melihat beliau dapat menciptakan barang-barang cantik dari barang-barang bekas...
Bagaimana ditengah tugas dan pekerjaan yang menumpuk, beliau masih sempat membuatkanku, dan suami serta anakku baju...
Semoga beliau diberikan kesembuhan secepatnya...Amien

Friday, May 15, 2009

CAWAPRES PILIHAN SBY...


Aku bukanlah orang yang paham dan "suka" politik. Dahulu ketika di bangku perkuliahan, walaupun aku aktif di himpunan mahasiswa, BEM Fakultas, BEM Institut, tetapi sedapat mungkin aku pilih departemen yang ga berkaitan langsung dengan politik(HubLu atau KesMa). Karena pada awal aku ikut BEM, aku telah melihat bahwa dalam politik (walo masih taraf mahasiswa) segala sesuatu mungkin terjadi, yang kelihatan sebagai korban ternyata adalah pelaku, yang kelihatannya teman tenyata saling tusuk dari belakang, dsb..So I'm enough with it...

Tapi pagi ini aku tergelitik untuk menulis tentang langkah yang diambil SBY karena membaca posting di wall FB sobat Firdaus Putra.

"Ngapain sih SBY milih Boediono?"

Ketika ada indikasi kuat SBY akan memilih Boediono, aku sempat diskusi dengan suamiku tersayang (hehehe...)
Kami berdua melihatnya dari 2 sudut pandang yang berbeda (yach, dari dulu jaman kuliah juga seringnya aku dan suami berada pada tempat yang bersebrangan, dengan pola pikir yang berbeda...aku di BEM, dia jadi Senat yang ngontrol...aku Kepala Departemen di HMJ, dia sesepuh Warga Jurusan..jadi inget masa lalu :p)

Anyway...
Kalo menurut Mas Ayok, pilihan SBY ini dikarenakan SBY sudah jenuh dengan "lamaran" dari banyak partai koalisi Demokrat. Kalo pilih si A, partai X marah. Kalo pilih si B, partai Y marah. Jadi SBY pilih pilihan netral...Somebody that is Nobody... Maksudnya sapa sih kenal Boediono di kancah perpolitikan (walo dia orang BI..) Mungkin dengan harapan koalisi Demokrat dengan partai manapun tidak akan pecah. Jadi SBY pilih jalan tengah

Kalo menurutku (walo aku juga manggut-manggut sepakat dengan pendapat mas ayok, setelah kupikir-pikir :p) SBY memilih Boediono karena dia punya plan 5 tahun ke depan. Sudah jadi rahasia umum, bahwa Indonesia adalah salah satu dari sedikit negara yang "lolos" dari efek domino efek global, walaupun di beberapa bidang masih ada yang terimbas (seperti kondisi keluargaku ang pernah kutulis disini..)
Dengan memilih seorang ekonom, bukannya kiai, tentara atau politisi...maka SBY punya kans lebih untuk membenahi perekonomian Indonesia. Agar Indonesia bisa survive (at least 5 tahun kedepan..)

Ketika tadi baca wall-nya Firdaus, banyak yang tidak setuju dengan Boediono karena di-cap sebagai neolib (Aku sampai tanya mbah gugel, apa arti neolib :p dan ini hasilnya ""Neo-liberalism" is a set of economic policies that have become widespread during the last 25 years or so. Although the word is rarely heard in the United States, you can clearly see the effects of neo-liberalism here as the rich grow richer and the poor grow poorer. ")

Well, Aku sendiri merasa jangan terlalu cepat judgement orang...kita belum tahu, right?
Kalo ada rekan-rekan yang ga setuju terus mutung jadi golput..Personally speaking : aku merasa itu tindakan kekanak-kanakan...Pasti ada pilihan yang agak lebih baik dari semua option yang jelek... :p
Jadi pilihlah yang menurut anda keburukannya lebih sedikit, dan berdoalah agar pilihan tersebut tidak salah...

Mungkin anda akan mengecap aku pemimpi..tapi aku pribadi sangat ingin, dan aku berdoa serta berusaha agar Indonesia bisa jadi negara yang BESAR, dalam artian sesungguhnya...bukan hanya besar penduduknya dan besar hutangnya doang :p
Aku ingin orang di seluruh dunia tahu tentang Indonesia. Aku punya beberapa teman di luar Indonesia, dan ketika mereka pertama denger Indonesia reaksinya "Ooo..negara di deketnya Bali ya...(doeng..) ato itu kota di Bali ya (Doeng..doeng..:p)" kalaupun ada yang tahu Indonesia, biasanya identik dengan negara yang banyak bencana, teroris dan kemiskinan...(Bahkan kakak angkatku yang di Norway aja takut datang lagi ke Indonesia karena banyaknya bencana dan keamanan yang tidak terjamin..padahal dia sempat tinggal di Indonesia gitu loh...)

YACH..untuk menutup postingan politik campur aduk ini...aku hanya bisa mengajak...kalo anda orang Indonesia..Ayo bangun negara ini bareng..Jangan gothok-gothok-an terus...Lakukan yang terbaik di bidang yang anda sudah pilih.... Entah itu karyawan, guru, bisnisman/woman, ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar, dsb...
PS : Foto diambil dari http://pemilu.detiknews.com

Wednesday, May 13, 2009

ASKING FOR YOUR HELP...

Dear friends, teman-teman sekalian...
Mo minta tolong nih, inputan masukannya....
Ketika buka blog-ku ini, apakah ada masalah buat temen-temen?
Buat temen-temen lama, apakah dengan template ini donlutnya jadi lebih cepet atau lebih lama?
Ato masukan apapun deh...tolong kasih pendapat anda ya...
Makasi
Thank you
Arigato
Xie Xie

Tuesday, May 12, 2009

THE ALCHEMIST


Aku baru baca buku yang kupinjam dari muridku, There (Duh...Ms. Rila pinjam melulu :p)

Judulnya The Alchemist..wah pas liat itu serasa tertantang untuk membacanya..secara guru chemistry gitu loh..

Aku baru baca beberapa bab sih..jadi belum bisa kasih full review. Tapi so far, buku ini bagus banget untuk melatih daya imajinasi. Wuih..beneran deh..akan ditantang untuk membayangkan kata-katanya jadi seusatu yang riil...Sebuah "dunia" yang mungkin tidak pernah kita bayangkan...

B-A-G-U-S...

I can't wait to finish it...

Kubaca dulu ya..baru akan kutulis lagi repiu-annya :)

*Aduuhh..tapi jadi inget koreksian yang menumpuk..dan masih ada 6 upcoming set test buat dikoreksi minggu ini...*

Maap review-annya ga bisa cepet :p

Intinya cerita tentang sang alkemis : seseorang yang dapat mengubah logam menjadi emas, mengubah batu menjadi permata, dan dapat hidup abadi karena batu bertuah (bagi para penggemar Harry Potter, pasti tau dong batu bertuah "sorcerer stone"

Dan semua itu bermula dari The CODEX...

Apa itu the codex???

Baca sendiri...Bagi para penggemar Harry Potter, dijamin ga bakalan nyesel deh kalo baca ini.. :)

Ayo kita baca bersama-sama :D

Monday, May 11, 2009

PATAH HATI SEBELUM JATUH CINTA...

Aduh, perasaanku bener2 kayak campur aduk sekarang...
Jadi bingung mo njelasinnya kayak gimana...
Serasa semua jadi satu...
Seneng, sedih, tersanjung, kecewa, jengkel, aduh..macem-macem deh...

Semua ini karena obrolan siang ketika tadi waktu lunch...
Dari obrolan ringan, lalu guyonan, lalu nostalgia ke masa-masa kuliahku dulu...
Dari satu cerita ke cerita yang lain...
Hingga ahkirnya aku tahu sesuatu yang bikin perasaanku jadi ga jelas kayak sekarang :p

Aku patah hati sebelum aku jatuh cinta...wkakakkk..RILA..RILA..mana ada coba cewek yang segeblek aku ni :p
Hehehe..kok bisa patah hati kalo belum jatuh cinta, Ril...???
Lha ya itu...dasar si Rila... :p

Di masa lalu, ketika SMA, aku terlalu sering salah menafsirkan "signal-signal" (huahaha...kayak GSM aja :p) dari cowok...Yang kupikir care ke aku, yang kupikir ada hati kepadaku ternyata nggak..dan bikin aku sakit hati bolak-balik...(hehehe..gara-gara terlalu ke-GR-an :p)

Jadi ketika di kampus, ketika ada "signal-signal" (tapi bukan signal kuat indosat :p) aku berusaha nyuekin hal itu, aku ga mau sakit hati lagi, enough is enough...apalagi di kampusku yang mayoritas cowok, ada kambing dibedakin+ dikasi lipstik aja pasti disamber ama temen-temenku yang cowok..(hehehe..piss rek..)

Ternyata aku baru tahu (walau mungkin alam bawah sadarku dah tahu dari dulu, tetapi selalu kupungkiri, kuingkari..) bahwa ada seseorang yang care ama aku...seseorang yang bener2 tulus selama bertahun-tahun...
Care dengan kapasitas melebihi seorang sahabat (yang selama ini selalu kuanggap begitu..jadi aku ga pernah berani melewati batas persahabatan kami, walaupun aku juga sempat "crush" on him years ago..tapi takut aku yang terlalu GR lagi, jadi nunggu2 kepastiannya ga ada...) *sigh*

"Kenapa juga dulu dia ga pernah bilang ya? Emangnya aku Edward Cullen yang bisa baca pikiran orang" *ugh..*

Yach...mungkin itulah yang dinamakan jodoh..
Kami tidak berjodoh...
Dia sekarang sudah berbahagia bersama orang lain yang juga sangat kusayangi..
Aku bahagia dengan suami dan anakku...

I just can wish him all the best...
Wish him happiness and success in love and life, because you deserve it...
One of the best and nicest man, I ever known..A noble man.. :)
I hope you are happy now, pal...
I really pray for your happiness, buddy..
I'm so sorry if I hurt you in the past for my ignorance and my stupidity...
I'm sorry..I'm selfish sometime...most of the time :p
And may our friendship last forever... :)

PS: Pa..sorry kalo baca ini duluan sebelum aku cerita..ntar abis papa shift kuceritain di rumah ya :p

Sunday, May 10, 2009

101 THINGS I WANT TO 2 BE4 I DIE...

Terinspirasi oleh partnerku, Mas Indra sekitar 6 bulan yang lalu...(Ternyata susah juga bikin list apa yang betul-betul kita inginkan..)
Jadi sekarang aku akan buat 101 Keinginan atau hal yang harus aku lakukan, karena ketika kita tidak punya impian atau goal dalam hidup, maka akan sulit juga bagi kita untuk mencapainya (gimana mo dicapai, kalo ga tau harus mencapai apa, tul ga?...)
Dan seperti sudah sering aku tulis, di dalam hidupku, aku percaya bahwa "With God, Nothing is Impossible.."
Mas Indra sendiri terinspirasi oleh salah seorang blogger, Ted yang setelah selamat dari kecelakaan pesawat kemudian membuat daftar hal yang ingin dia lakukan dalam hidupnya, and so far udah lebih dari 80 hal yang dia lakukan...
So here is mine :)

Me - My Self
1. Ambil S2 Psikologi
2. Ambil Akta 4
3. Obtain my weight 50 kg (hehehe..biar ga terlalu ndut :p)
4. Lolos sertifikasi guru
5. Ngobral dan dinner bareng ama Oprah
6. Ikutan acara Oprah Show
7. Ketemu Mel Gibson
8. Diinterview ama majalah swa before 35
9. Masuk TV untuk hal-hal baik
10. Ikut program spa seharian, perawatan from head to toe
11. Become an inspiring woman (lifetime achivement)
12. Ngobrol ama Ari Sihasale
13. Ketemu Presiden Indonesia
14. Bisa facial berlian
15. Become an inspiration for my students (lifetime achivement)
16. Able to see earth from outer space
17. Ketemu Pierce Brosnan
18. Lanjutin sekolah S3 (masih bingung majornya :p)
19. Punya cucu-cicit yang sehat
20. Bikin buku yang layak untuk diterbitkan dan layak dibaca sama orang

Me - My Family and My Travelling
1. Become a great mother (lifetime achivement)
2. Become a great wife (lifetime achivement)
3. Punya anak kedua sebelum 30 tahun
4. Ama Mayok traktir keluarga besar (papa,rina,ido,eyang,mama prob, papa prob, ita, ayu, dik wandi) di Jimbaran, Bali
5. Ikutan Amazing Race Asia ama Mayok (mas Ayok, my hubby..)
6. Berlibur sekeluarga ke Anyer
7. Menyekolahkan Alex dan adik-adiknya ke sekolahan-sekolahan terbaik hingga Univ
8. Bisa kirim Alex dan adik-adiknya ikutan summer camp di luar negeri
9. Candle Light Dinner ama Mayok di gedung pencakar langit..
10. Ajak Alex dan adik-adiknya ke Disneyland USA
11. Ajak Alex dan adik-adiknya ke Disneyland Europe
12. Pesiar sekeluarga naik kapal pesiar
13. Second honeymoon with Mayok di Bunaken
14. Traktir papa untuk berlibur seminggu di resort
15. Bikin buku tentang papa dan alm. mama
16. Ama Mayok en Alex(en adiknya Alex) make a snowman from real snow
17. Traktir Rina, Ita, Ayu seharian spa di luar negri
18. Traktir Ido makan di All You Can Eat di luar negri
19. Belikan sawah baru untuk mama-papa prob
20. Jalan-jalan keluar negeri sekeluarga Malang
21. Visit Casper (my brother) @ Norway
22. Visit Ayao @ China
23. Visit Ayako's Fam @ Japan en lihat gunung Fuji
24. Seawalking @ Lombok
25. Diving di Bunaken
26. Shopping di Singapore
27 Jalan-jalan di Hollywood and Walk of Fame
28. Jalan-jalan ke Belanda sambil bawa foto mama dan Eyang Ti (It was their dreams)
29. Nginep sekeluarga di hotel berbintang 5
30. Nginep sekeluarga di hotel berbintang 7
31. Ikut ziarah ke Holy Land ama Papa Malang
32. Mengunjungi seluruh propinsi di Indonesia (so far 6)
33. Berfoto sekeluarga di Museum Madame Tussad
34. Menunjungi makam Lady Di
35. Mengunjungi makam mother Theresa
36. Masuk dan jalan-jalan ke kota terlarang (Forbidden City) di China
37. Jalan-jalan di Manchu Picu
38. Sarapan sambil menikmati Danau Toba
39. Kissing (ama Mayok dong..) at Niagara Falls (di pinggirnya air terjun Niagara)
40. Visit Spain
41. Visit Switzerland
42. Drinking cocktail at Hawaii
42. Safari di Africa
43. Mengunjungi kelima benua (so far 1, Asia doang hahaha...)
44. Sekeluarga ajak mama-papa-ita-ayu kunjungi keluarga besar di Makassar

Me - My Belonging
1. Rumah 2 Lantai seperti yang di desainnya Ayu
2. Mobil Peugeot S602
3. Villa di Batu
4. Apartemen di Jakarta
5 Satu set perhiasan berlian
6. Satu set perhiasan safir
7. Satu set perhiasan mutiara
8. Satu set perhiasan giok
9. Gaun malam bikinan desainer terkenal yang dibuat khusus buatku
10. Deposito 1 juta dollar
11. Private swimming pool
12. Pulau pribadi
13. Pesawat pribadi

Me - My Work
1. PGD become top ten company in Indonesia
2. @Rilex's become a successful business company
3. Awarded as excellent teacher more than 5 time (so far 2)
4. Punya pegawai lebih dari 1000 orang (so far 12)
5. Together with Mas Ayok become owner of a business group
6. Punya perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek

Me - My Charity
1. Donor darah 100 kali (so far 1 :p)
2. Donorin kornea mata sesaat sebelum aku mati
3. Menjadi orang tua asuh dari 100 anak (so far 3)
4. Jadi guru untuk anak-anak jalanan
5. Bikin Panti Asuhan
6. Bikin TK berkualitas yang gratis bagi yang tidak mampu
7. Bikin SD berkualitas yang gratis bagi yang tidak mampu
8. Bikin SMP berkualitas yang gratis bagi yang tidak mampu
9. Bikin SMA berkualitas yang gratis bagi yang tidak mampu
10 Bikin yayasan yang bergerak untuk menolong anak-anak (kayak Last Wish)
11. Kasih selembar 100.000 ke pengemis
12. Buatkan rumah untuk susternya Alex
13. Bikin rumah singgah untuk para anjal
14. Donatur Tetap dan Aktif terlibat di Yayasan Kanker Indonesia
15. Jadi guru/dosen yang ga mesti dibayar (Sekarang masih mengharapkan gaji-incase my principal read this post :p)
16. Bikin klinik kesehatan gratis bagi orang - orang di Dampit (Malang Selatan dan sekitarnya)
17. Bikin yayasan khusus untuk membantu anak-anak korban perang
18. Kolekte Rp. 10.000.000 di gereja

God, please help me, please give me strength and courage to fulfill it...
May Your Name be Glorified through it..
I believe that with You, nothing is impossible...Amien

Thursday, May 7, 2009

Gelang Giok Naga..

_
GELANG GIOK NAGA

Aku mendapat pinjaman buku ini dari salah seorang muridku, Fuji (Thank you, Fuj..)

Cerita dibuka dengan asal muasal legenda naga...bagaimana naga menjadi sesuatu yang diagungkan dalam tradisi Tionghoa.
Lalu cerita bergulir ke jaman Dinasti Ching, dimana seorang Putra Langit (Kaisar) dapat memiliki lebih dari 300 selir. Salah satu dari selir tersebut, yang sangat cantik, cerdik, dan juga favorit kaisar memiliki nama Yang Kuey Fei. Nama tersebut merupakan nama pemberian Kaisar yang merujuk ke salah seorang selir pada Dinasti sebelumnya yang juga dikenal dengan SELIR GIOK.

Dari Kaisar, Selir Kuey Fei mendapat hadiah sepasang gelang giok yang berukirkan naga. Karena intrik didalam istana yang menyebabkan terbunuhnya Kaisar, maka Selir Kuey Fei pun melarikan diri keluar dari istana.

Cerita lalu dilanjutkan dengan kisah 2 orang wanita dari Cina Daratan, A Sui yang suku Han dan A Lin yang suku Hakka. Di tradisi Tiongkok pun, seorang anak lelaki lebih dihargai, lebih diharapkan daripada anak perempuan.

Karena himpitan ekonomi, A Lin pun kemudian “dijual” oleh keluarganya untuk menjadi pekerja di Hindia Belanda (Indonesia). Sementara A Sui (yang ternyata adalah keturunan selir Kuey Fei) pun ahkirnya menuju Indonesia untuk menyusul suaminya yang memiliki bisnis mebel di Batavia. Itu semua terjadi pada ahkir masa kolonial Belanda.

Dua orang wanita dari asal negara yang sama ditemukan oleh nasib dan takdir sehingga mereka memiliki seorang cucu perempuan bernama Swalin (singkatan dari Sui dan Lin)

Leny Helena menuliskan kisah ini berdasarkan sudut pandang masing-masing tokoh nya, sehingga membuat kita dapat memahami perasaan dan pikiran seorang tokoh. Cara penulisan ceritanya juga enak untuk dibaca, membuatku dapat membayangkan kehidupan para selir di kota terlarang, indahnya dan megahnya kota terlarang, serta bagaimana kehidupan para nyai, kehidupan para WNI keturunan..

Cerita ini juga menyinggung salah satu masa suram negri kita, Indonesia. Tahun 1998, dimana chaos terjadi di Indonesia, puncak sentiment rasisme. Aku sendiri masih ingat dengan jelas, bagaimana kakak angkatku, Casper, harus dievakuasi tiba-tiba karena kondisi Indonesia yang tidak aman baginya, sehingga membuatku tidak dapat mengucapkan selamat tinggal dengan pantas (Untungnya beberapa tahun kemudian, dia berkunjung lagi :p )
Bahkan murid lesku, calvyn, sempat bercerita bahwa kenangan masa kecil (saat itu, dia berusia kurang lebih 2 tahum) yang sampe sekarang membekas pada dirinya adalah ketika tingkat 2 rumahnya hancur karena lemparan massa yang mengalami euphoria masa itu.

Cerita ini adalah tentang perjuangan wanita, sebuah karya yang wajib dibaca oleh kaum hawa. Perjuangan untuk bertahan hidup, perjuangan demi generasi selanjutnya, perjuangan dan suka-duka cinta mereka,

Jika pada awal dan hampir keseluruhannya, cerita diambil berdasarkan sudut pandang si tokoh wanita, pada bagian ahkirnya cerita ditutup dengan sudut pandang Ruli-suami Swalin- seakan menegaskan wanita dan pria adalah sejajar, tidak ada yang lebih tinggi, tidak ada yang lebih rendah. Dan yang sangat membuatku terharu adalah penuturan pada bagian ini. Mengingatkanku akan papaku ketika hari kematian mamaku……Seorang pria yang sangat mecintai istrinya, walau maut memisahkan mereka

Cerita ini sarat dengan symbol, sarat dengan pesan moral tentang wanita, benar2 cerita yang bagus dan patut dibaca oleh siapa saja… Anda akan serasa diajak berimajinasi ke Kota Terlarang di China, petualangan bajak laut di lautan Hindia, masa kolonialisasi Belanda di Indonesia, kehidupan di kampung melayu, masa-masa reformasi 1998, dan masih banyak scene yang serasa benar-benar riil…..Selamat menikmatinya…Two Thumbs Up

..BURNED ALIVE..

Right now, I want to write about two awesome books that I just read this week...
Keduanya bercerita tentang wanita, gender yang dianggap sebagai mahluk kualitas kedua... Keduanya mengusung cerita tradisi, tetapi pada budaya yang berbeda...
Satu bercerita tentang budaya Timur Tengah, satunya tentang budaya Tionghoa...
Keduanya adalah suatu karya yang sangat fenomenal, yang pantang untuk ditaruh sebelum selesai dibaca...
And Let's the story begin... :D (but I’ll make it in 2 posting to make it easier to read.. :> )
------------------------------------------------------------------------------------------------_

BURNED ALIVE
Cerita dibuka dengan cerita flash back oleh seorang wanita...
Dia dibesarkan di suatu daerah di Tepi Barat, di suatu desa kecil, dimana tradisi dan adat istiadat masih dipegang teguh...
Si tokoh ini, SOUAD, adalah seorang anak perempuan yang lahir di sebuah keluarga yang memiliki banyak anak perempuan dan hanya satu anak laki-laki...

Dalam tradisi mereka, laki-laki adalah simbol kekuatan, hukum dan kebanggaan...
Suatu keluarga yang tidak memiliki anak laki-laki berarti memiliki aib di masyarakat..
Di dalam tradisi tersebut wanita bahkan lebih tidak berharga daripada hewan ternak.
Hewan ternak masih dapat dijual susu, daging atau kulitnya yang membuat mereka masih cukup berharga, tetapi perempuan(wanita) adalah sesuatu yang tidak menghasilkan apa-apa.
Wanita hanyalah tambahan tenaga untuk mengurus ternak dan ladang, orang untuk menghasilkan keturunan (keturunan laki-laki terutama..), orang untuk dijadikan sansak hidup...

Sedari kecil, Souad telah mengalami banyak kekerasan secara fisik dan mental dari ayahnya.
Di dalam tradisi tersebut, dimana pria (ayah) adalah hukum mutlak yang harus dipatuhi, adalah suatu hal yang wajar untuk "menghukum" anak dan istrinya dengan kekerasan, bahkan untuk hal-hal yang sepele.
Jika seseorang dianggap telah melanggar norma-norma mereka, berarti anggota keluarganya wajib membunuhnya guna mengembalikan harga diri keluarga. Jika tidak berati itu adalah aib dalam masyarakat mereka.
Para ibu rela membunuh bayi-bayi mereka yang baru dilahirkan, terutama jika ternyata jenis kelaminnya perempuan...Mengenaskan...

Di dalam tradisi tersebut, seorang perempuan tidak berhak untuk keluar sendiri dari rumah jika tidak ditemani oleh seorang yang lebih tua (Sebagaimana dulu di Inggris, wanita terhormat tidak akan bepergian tanpa seorang pendamping..)
Seorang perempuan tidak boleh sekolah, hanya mengurus rumah dan ternak.
Seorang perempuan tidak boleh bercakap-cakap di jalan, dan jika melintas di jalan harus dengan kepala tertunduk dan berjalan sangat cepat...jika tidak maka akan dicap sebagai "charmuta"-pelacur-
Suatu "kebebasan" bagi mereka untuk berpergian adalah bila mereka sudah menikah
, tetapi untuk menikah pun mereka harus menunggu giliran, mulai dari saudara tertua berurutan sampai ke yang termuda

Singkat cerita, suatu hari ada seorang pria yang ingin melamar Souad, tetapi karena kakak perempuan yang persis diatasnya belum menikah, sehingga Souad-pun tidak berhak untuk menikah sebelum kakaknya menikah (seorang perawan tua juga adalah suatu aib..). Souad-pun berusaha mencari tahu siapa yang telah melamarnya dan kemudian dia memiliki ilusi dan jatuh cinta pada orang yang melamarnya, tetangganya depan rumah...

Pada saat itu, Souad sangat "mencintai" pria tersebut, hingga dia-pun rela ketika terengggut kehormatannya dan menyebabkan dia hamil.

Hamil di luar nikah adalah aib yang sangat besar (di Indonesia juga begitu sampai saat ini..) tetapi hukuman yang menanti Souad hanya satu...KEMATIAN...
Dengan hamil tersebut berarti dia adalah charmuta-pelacur- sehingga wajib dibunuh oleh keluarganya agar keluarganya tidak kehilangan muka di masyarakat...

Pada hari yang telah ditentukan, kakak iparnya yang berperan selaku algojo, membakarnya hidup-hidup...
Adalah suatu mukjizat, dia bertahan untuk hidup. Itupun ketika di Rumah Sakit, Ayah dan Ibunya sendiri berusaha membunuhnya...

Disini aku merasa ketidakadilan itu..IT'S TAKE TWO TO TANGO...maksudnya untuk bisa hamil di luar nikah berarti ada 2 pihak yang bersalah..Si pria dan wanita, tetapi mengapa hanya si wanita yang harus dihukum(dengan cara ekstrim yaitu kematian..), sementara bagi si pria hal tersebut malah merupakan suatu kehormatan...TIDAK ADIL....

Bagaimana akhir cerita Souad? Silahkan anda baca sendiri.... :)



Anda akan terpesona bagaimana seorang wanita yang sudah menjadi seonggok daging terbakar dan hampir menjelang ajal dapat bangkit untuk menuturkan kisahnya

Sunday, May 3, 2009

A MAN OF VISION...

Today, I want to write about my partner...the person to whom I share ideas and worries (beside my family..)

Kurang lebih 5-6 tahun yang lalu, aku mulai berkenalan dengan prtnerku sekarang, melalui seniorku yang juga mantan partner kami (tapi lebih lewat telpon dan chatting pada awal mulanya.. karena dia di jakarta aku di surabaya). Kira-kira setengah tahun kemudian (ketika aku selesai S1), adalah pertama kali ketemu face to face, dengan diadakannya RUPS pertama.

Pada saat itu, dia bekerja sebagai dosen di salah satu Institut Teknologi, dan akan segera menerima beasiswa S2 ke Australia. Ketika kami mulai membicarakan tentang perusahaan yang kami rintis, dia berani mengambil keputusan untuk keluar dari pekerjaannya yang berarti juga menolak beasiswa S2-nya demi untuk membangun perusahaan ini. At that time I thought.. "Wuih...berani ya mas satu ini...ga sayang apa ya..." (Later on I realize that's all because of his vision..)

Mas satu ini memiliki banyak ide dan rencana, yang terkadang bagiku terasa fantastis...(or crazy hehehe...). Sebagai satu-satunya owner pria pada saat itu, dia sering debat dengan diriku dan mbak Ris...(ya maklum cewek...seringnya khan pelit dan penuh itungan..hehehe...)

Sebagai contoh ketika memutuskan untuk mengontrak rumah sebagai kantor...
Wah, pada saat itu sempat berdebat panjang hanya demi memutuskan untuk mengontrak rumah (pavillun tepatnya..) untuk kantor seharga Rp. 3 jt/tahun (pada saat itu uang 3 juta serasa jumlah yang sangat besar, jadi ngerasa sayang buat ngeluarinnya..hehehe..)

Dan juga ketika Mas Indra ngotot untuk sewa kantor di Gatot Subroto..Aku yang ga pernah peduli dengan prestise, ngerasa ide itu gila..(hehehe..beneran mas..)

Tapi semuanya itu bisa dilihat hasilnya sekarang....
Yang awalnya kantor mengontrak seharga Rp 3 juta/tahun (setelah melewati perdebatan yang panjang :p)
Sekarang dapat menempati kantor yang berlipat-lipat harganya dari itu (nice place..I love our new office..hehehe.. )
Yang awal mulanya hanya memiliki satu karyawan (Asep yang merangkap segala sesuatunya...dengan logat sundanya yang kental bisa, sempat bikin aku ngakak pertama dengernya di telpon..)
Sekarang memiliki 8 orang karyawan + OB....
Yang dulu hanya berbekal kursi lipat dan kipas angin...
Sekarang, Puji Tuhan...Semua orang ada meja, kursi, komputer yang nyaman dan ruangan ber-AC...
(Ketika Mas Indra cerita hal itu semalam, aku berusaha buat nanggapinnya dengan guyonan..kalo ga gitu, aku bakalan nangis terharu..hehehe...I'm a weepy girl :p )

Kenapa kantor Jakarta bisa berkembang pesat sementara Surabaya (yang awalnya adalah kantor pusat..) malah meredup..
Well, itu karena di Jakarta ada dikau, Mas... You have the vision that make it possible...
And that's the important of the vision... (aku masih harus banyak belajar untuk ini..dan untuk berani untuk ambil resiko..hehehe..itu bedanya satu lagi antara kita berdua...you are a risk taker, I'm not quite that material :p )

Being an enteprenuer never was easy... But by having you as a partner, strengthen me....
Thank you... :)
I'm look up to you and learn from you for many things.. Thank you...
(Tapi kalo dah mulai boros lagi, awas ya..Ku cut beneran dananya..hehehe...)
I also learn to dare to dream big from you...Dare to make my 101 things list :)
Hopefully your dreams can be fulfill... :) Hopefully what become your vision can be reach. Amien

PS : Untungnya juga, kita berdua imun untuk ketertarikan satu sama laen..hehehe..kalo nggak, mungkin ga langgeng juga ya partneran kita..wkakakakk.. Sukses selalu ya partner :)
SEMANGAT!! SEMANGAT!!

Saturday, May 2, 2009

KENAPA CEWEK ITU MAU DIPERLAKUKAN SEPERTI ITU..?

Ihhh..kalo inget perjalan tadi...rada emosi...

Tadi siang, aku naik pesawat Lion Air dari Surabaya ke Jakarta...

Di depanku, ada sepasang cowok cewek yang mesra banget..tapi bukan itu yang bikin aku emosi...Maksudku...mereka mo mesra-mesraan di depan umum sih I don't care...Itu hak mereka...lagian kayaknya si cowok bukan orang Indonesia (kayak ekspat Puerto Rico ato America tengah sana lah..dengan kulit coklat kehitaman..rupa agak latin..) Aku cukup banyak bergaul dengan orang dengan beda kultur...so As long as they are okay..ya sudah..fine with me...

Yang bikin aku emosi (Selain karena pesawaku ke-delay ampir 2 jam...) adalah ketika ternyata di pesawat pasangan tersebut duduk di belakangku..dan ..

1. Si cowok itu dengan cueknya bilang "I want to sit near the window" (ya okay-lah sapa tau dia ga pernah naek pesawat kali ya..kasian deh lu..jadi pengen duduk deket jendela...) tapi apa ga bisa tanya dulu kek ato gimana gitu...

2. Si cewek bawa satu kardus gueedee banget dan cowok itu melenggang hanya dengan membawa satu kresek berisi air mineral dan novel. WAIT..bukan berarti aku cewek yang selalu minta dilayani cowok (tanya aja sobatku Troy, aku ga terbiasa ada cowok yng bawain barang2ku..jadi ketika dia mo bawain barangku, sampe kudu eyel2an dulu..dibilang bawel lagi..hehehe...) But anyway..I assume they are couple (ya iya lah..dari sikapnya yang mesra banget ampe kissing waktu check-in..mo mikir apa lagi coba..) dan kalo barang bawaannya itu barang bersama..ya at least bawanya bareng dong..!! Waktu check in juga si cewek bawa ransel yang buat hiking gede banget..si cowok cuma bawa ransel kecil doang (tapi kayaknya di masukin baggage semua..)

3. HE FLIRTING ON THE STEWARDESS..Bisa-biasanya dia godain pramugari yang ada, padahal pasangannya (or at least I assume it so..) ada di sebelahnya... Dia pikir dia keren apa ya..mentang-mentang bule (bukan bule juga benernya..ugh..)

4. Ketika pesawat dah landing, dan aku mo ambil tas yang ada di cabin baggage..pandangan matanya ke aku itu sumpah bikin jengah..(BUKAN BERARTI AKU GR!!! Tapi ngeliatnya kayak aku ini makanan ato apa gitu yang bisa dimakan..hoek.) trus ketika kami turun, HE FLIRTING ON ME!!! OMG..His girlfriend is next to him...!!! (Yach di satu sisi, bangga juga sih masih ada yang mo flirting ke aku *nah loh..* wkakakakk..tapi sebel juga liat dia kayaknya ga meduliin ceweknya..!!)

Duh ceweknya itu kok ya masih menatap dengan tatapan memuja ke cowok itu...

COME ON GIRL!!! OPEN YOUR EYES!!! Buset, apa coba yang dilihatnya...cowoknya cakep juga kagak (masih cakepan suamiku tersayang..) bodi emang sih atletis tapi kalo mental kayak gitu..Pergi aje ke laut..Ugh...jadi sebel lagi deh kalo ingat itu...

Apakah semua wanita akan seperti ini? Tidak bisa melihat kesalahan atau keburukan pasangannya ketika sedang jatuh cinta??? Hmm...jadi bahan refleksi diri juga nih..hmm...