Saturday, January 9, 2010

UNTUK BISNIS BUTUH MODAL GEDE??...Ga juga tuch :D

Hehehe..2 postingan dalam waktu kurang dari 1 jam...ternyata aku bener2 kangen ama blog ini :D

Barusan aku blogwalking ke temen2 (hal yang lama ga kulakuin lagi..) dan aku sampai di blog-nya partnerku...
Membaca salah satu postingannya..membuatku teringat lagi masa-masa muda (khekekekkk..jadi berasa tua :p)

Selama ini pemerintah mendengung-dengungkan entreprenership..tapi banyak orang yang masih takut untuk memulainya...masih banyak paradigma bahwa untuk memulai usaha harus dengan modal besar...

WELL..TIDAK SAMA SEKALI !!!

Aku udah buktikan hal ini 2 kali...

Dulu semasa masa kuliah, aku diajak oleh salah seorang seniorku untuk membuat training provider bagi mahasiswa.. Jadilah kami ber 4 saat itu mulai saweran (urunan) uang sebsar 120rb..(jadi masing-masing 30 ribu..)
Uang itu kami pakai untuk buat stemple,kop surat dan fotokopi pamflet-pamflet..
Dengan modal jalan kaki keliling kampus-kampus (untungnya kampusku dulu lokasinya berdekatan dengan beberapa kampus yang lain..), kami nyebarin pamflet...
Puji Tuhan, event pertama sukses besar (sampe kudu nolak peserta dan bikin batch kedua)...keuntungan dalam 2 hari training itu bahkan setara dengan 2 bulan gaji PNS (masa itu..)
Lalu setahun kemudian, partnerku saat ini bergabung..He is a man with vision...(Jangan GR lho mas :p) Dia bisa melihat peluang dan seorang risk taker (kalo aku pribadi sih benernya lebih suka yang aman-aman saja..hehehe..)
Dia memulai branch jakarta juga dengan modal cuman 50 ribu untuk stempel, dll...
Puji Tuhan...Dia bisa membesarkan perusahaan ini sehingga bisa juga membuka lapangan pekerjaan untuk 9 orang yang lain..Bisa hire seseorang yang bahkan levelnya Manager perusahaan Oil and Gas :D
Dari yang semula, gaji disimpan untuk capital money..sekarang bisa menjadi perusahaan dengan omzet very fantastic..very bombastic (hehehe..kayak lagu aja :p intermezo..xixixi..)

Yang kedua, adalah toko yang kurintis ini...
Dengan modal hanya 80 ribu (untuk daftar keanggotaan Envy), dan modal kamera (ga modal ding..lha wong pinjem sepupu, ipar atau bokap :p) Puji Tuhan online shopku bisa survive...
Dari yang semula hanya jualan envy..sekarang bisa jualan banyak barang...
Yang semula, aku sendiri yang kudu ngebungkusin..ngepaketin...Sekarang bisa kasih tambahan masukan untuk baby sitternya anakku (tiap dia ngebungkusin, ada bonusnya :>)
Bisa bantuin masarin produk tetanggaku yang bokapnya sedang sakit parah

Yang kupelajari selama ini..
UNTUK MEMULAI BISNIS..MODAL UANG BUKANLAH YANG TERPENTING..
Sesungguhnya yang terpenting adalah
1. Berkat dari Tuhan..
Terkadang ada aja order yang tidak kita duga.. Dan aku percaya (partnerku juga..) itu karena rencana Tuhan...Manusia berusaha, Tuhan yang menentukan :)

2. Ulet..Persistent..
Tidak selama nya jalannya bisnis itu mulus - mulus saja..Terkadang ada masalah yang timbul, akankah kita tetep bertahan..???
Sempat suatu saat perusahaan konsultanku berada pada titik nadir, Aku sempat dibego-begoin ama adikku karena bertahan dengn kondisi perusahaan yang bahkan minus keuangannya...Tapi Puji Tuhan, fase itu bisa terlewati...Masalah internal yang menguras emosi dan materi juga pernah kami alami..Puji Tuhan, kami bisa bangkit kembali...
NEVER GIVE UP IS THE KEY..Tuhan juga pasti akan melihat perjuangan yang kita lakukan

3. Have a big vision..a big dream..
Untuk yang ini, aku belajar banyak dari partnerku..
Jika kita tidak punya visi maka apapun yang kita lakukan hanya akan going with the flow...Tidak akan ada target atau perkembangan..
It cost nothing to dream, right ??? Only a full effort to make it come true...
Aku ingat ketika aku posting 101 Things I want to do before I die (yang sekali lagi terinspirasi oleh partnerku :p) Ada salah satu teman blogger yang komen.."Ati-ati mbak..nanti jadi hantu penasaran kalo punya banyak keinginan" Nah, aku ga setuju..menurutku dengan kita tahu apa yang kita inginkan..it will keep us on track..membantu kita tetep keukeuh untuk mencapainya..

4. Networking & Creativity
Di dalam usaha apapun itu..kecil kemungkinannya kita akan bisa bertahan jika tanpa networking..And thanks to Technology...the world is become borderless now..
Aku bisa kenal dengan sist Grace di Toli-Toli, degan sist Mei Hui di Delilas, dengan sis Zera di Aceh Tamiang..kota-kota yang bahkan aku ga pernah tahu sebelumnya...
Dari anak-anak ABG kayak Cindy :) sampai para mommy...
Di usahan konsultanku juga gitu..kami bisa kerja bareng dengan konsultan di Singapore dengan konsultan safety di Belanda..
Jadi kalo akhir-akhir ini banyak orang takut dengan Free Trade..aku mikirnya malah..jadikan itu new challenge..ketika kita punya suatu keunikan, ke khas-an maka kita tidak perlu takut untuk berkompetisi..
Negara kita punya banyak barang dan ide unik yang ga kalah ama negara lain kok..hanya gimana kita bisa kreatif..
Make your competitor become your motivator :p

5. Bersyukur..
Kita tidak akan jadi hantu penasaran dengan keinginan-keingin kita jika kita bisa mensyukuri segala berkat yang kita terima..Give Praise..Dengan bersyukur akan membantu kita menyadari berapa besar effort yang sudah kita lakukan..betapa besar Kasih karunia Tuhan...berapa banyak yang masih harus kita lakukan untuk menjadi lebih baik...

That's all from me..mungkin ada yang ingin share kasih masukan atau tips yang lain..You are most welcome :D

11 comments:

ierone 4 famouser said...

wah, inspiratif banget.
thx udah share

muzeumhape said...

Iya Ril.. SEPAKAT !

sibaho way said...

wow !
kirain ngilang kemana, ternyata sedang sibuk berbisnis... :D
sukses ya...

Henny Y.Wijaya said...

cuma modal kamera? bisnis apa sih mbak?
yang mbak rila bilang itu benar banget. ada niat, usaha, dan doa :)

Karila Wisudayanti said...

@ierone : makasi..i'm glad if it can inspire :)

@muzeumhape : hehehe...sipp..iki deddy yo???Aku belum yang pure entrepener seperti kamu kok ded..karena aku masih enjoy ngajar..:)En aku masih kudu banyak belajar nih..share pengalaman ya, suamiku juga akan jadi full entrepeneur mulai tahun ini :)

@sibaho : Amien. hehehe sori bro..lama ga blogwalking nih..tapi sekarang mo meluncur ke tempatmu kok..Kangen juga euy blogwalking lagi :D

@Henny : bisnisnya di postingan yang satunya hen :D

Etha said...

setuju mbak ... etha malah awal nya ga pake modal :p

EYANG RESI 313 said...

Mampir di pagi menyapa sahabatku.
Hati harus tetap terang dan memancarkan sinar Tuhan agar kehidupan ini dapat dilalui dengan indah karena petunjuk Tuhan.
Salam untuk para sahabatku…………………………………………………
Tebar karya dengan senyum dan kedamaian.

mommy adit said...

yap.. setuju banget nih sama jeng rila.. moga2 sukses ya!

attayaya said...

tidak semua bisnis butuh modal besar lho
ada yangmodal dengkul ato modal warnet doang
contohnya : ngeblog dapet duit lewat review ato adsense

anangyb said...

makasih atas cerita indahnya...:)
udah aku link ke blogku ya..

News Update said...

bener ril, nih gw lg ngumpulin yg receh. ini uda terbukti loh bayar di paypal gw. nih linknya http://www.trekpay.com/?ref=88870

yg lain, menyusul yah. soalnya lg dicoba. scam atau bukan!