Wednesday, August 12, 2009

RETIREMENT DISEASE

What is retirement disease??
Hehehe..It's just a term that I made :p

Pernah ga sih, liat orang yang pensiun/purna tugas lalu tiba2 sakit ini lah ... sakit itulah...
Sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui...

Aku jadi mikirin hal ini karena salah seorang tetanggaku yang kelihatannya segar bugar..tiba-tiba setelah beberapa saat tidak bekerja lagi, ternyata dia jadi sakit-sakitan..
Ortu sobatku juga seperti itu ketika pensiun, tiba-tiba sakitnya tambah parah...

Nah..dari situ, aku dan suami sempat membahasnya..Mungkin hal ini terjadi karena mereka tidak siap untuk pensiun (jika sebelumnya mereka bekerja) atau tidak siap ditinggalkan (terutama oleh anak2 atau pasangan hidupnya jika sebelumnya mereka full housewife/househusband)

Seseorang yang terbiasa dengan ritme hidup tertentu entah itu sebagai karyawan, pengusaha, ibu rumah tangga, dll....tiba-tiba pada suatu titik tertentu harus berubah ritme hidup...
For some people hal itu tidaklah mudah...Belum lagi jika diperparah dengan munculnya rasa rendah diri karena merasa sudah tidak produktif lagi, sudah tidak berguna lagi...

Nah, mungkin bagi yang masih berumur kepala 2 atau 3, pensiun adalah sesuatu yang masih sangat jauh untuk dipikirkan. Tetapi tidak ada salahnya jika kita sudah mempersiapkan diri mulai dari sekarang...dengan memikirkan apa yang ingin dicapai dalam hidup ini..apa yang akan anda lakukan seandainya sudah pensiun..apa yang bisa mengisi hari-hari anda....
SETUJU GAK?

15 comments:

J O N K said...

mmmm, ternyata begitu ya mba. berarti saya juga akan mempersiapkan diri kalau nanti tiba2 pensiun dari ngeblog hehehehhehe

BTW kalau pensiun waktu tua gimana ya mba,
mmmm, punya rumah kecil dengan halaman yang luas, biar cucu2 bisa main sepuasnya hohoohhohoho

Ria said...

setuju!!!
jangan jauh2 mbak, kakeku yg berusia hampir 90 tahun jika liburan kejakarta dirumah mama pasti ujung2nya sakit, tapi coba kalo di kampung dengan segudang aktivitasnya di sawah, kebun dan ternak dia tetep seger buger loh :D

Salam kenal ya

Enno said...

itu biasanya disebut post power syndrome

hehe :)

t13nr4 said...

blog yang bagus!

Karila Wisudayanti said...

@Jonk : Wha..jangan pensiun dari ngeblog donk jonk..aku masih butuh ketawa ngakak nih..:p (Abis dari ceritamu selalu gokil abizz..wkakakakkk)

@Ria : Iya khan ya Ri..mungkin karena tidak ada sesuatu yang mereka cintai untuk dilakuin kali ya...

@Enno : Bener mbak...

@t13nr4 : makasi..salam kenal :)

nasrudin ansori said...

semoga masa pensiun ku bisa menyenangkan.bisa jalan2 kesana kemari, kumpul keluarga dll.
salam kenal ya...:-)

budiawanhutasoit said...

setuju...lho koq main setuju aja ya..hehe
maksudnya seuju kalo kita rs memikirkan apa yg akna kita kerjakan jika kita sudah memasuki masa pensiun..
kalo saya mungkin memilih berkebun, trus tinggal di Batu, Malang...pasti asyik deh..

Lala said...

Sekarang aku udah ngerasa pensiun mbak, lha wong Nduk Jija sudah sekolah pagi sampe sore, jadi ngerasa sepi gitu di rumah, banyak waktu longgar, maklum irt hehehe...

PRof said...

Setuju...!!!!
seperti halnya klo ke-lama-an libur/cuti, pegel2 kan menghampiri...PRofpun tak mau lama2 pergi, karena kalian aku kembali.....

zulhaq said...

balum lama ini, saya punya temean yang ayahnya baru saja pensiun dari jabatan managernya, tapi beliau harus menanggung sakit yag luar biasa. hingga beberapa bulan kemudian beliau di panggil oleh TUHAN YME. semua tidak diperkirakan dan di sangka2 sebelumnya. sekarang anaknya tersebut bkerja di hutan seperti saya.

setuju bgt mbak, nggak ada salahnya dipersiapkan sejak dini. karena apa yangterjadi nantinya, kita gak akan pernah tau ^_^

have a nice weekend

attayaya said...

yup perlu dipersiapkan
jangan mpe kena sindrom pension

merdeka!!!

Etha said...

betul itu ..
papa etha juga gituh ..
klo ga ada kegiatan pasti deh, sakit inilah .. itulah :D

mia said...

Post power syndrome mba Rila...


tapi ada kemungkinan kedua jg :


yg namanya abis pensiun udh pasti umur menjelang sepuh (misalnya ortuku duaduanya Guru, umur 60 thn pensiunnya). Nah umur menjelang segitu, kalo pernah ngalami gaya hidup yg kurang sehat, hampir pasti siy keluhan-keluhan mulai berdatangan :-(


papaku baru ketauan ada hipertensi menjelang pensiun dan skrg jantungnya jg mulai kena (muda-nya belio perokok *sigh*)


mamaku baru aja pensiun awal taun ini, dan gak lama terdeteksi jantung koroner padahal sebelumnya belio keliatan fine-fine aja... tapi pas dirunut, ternyata kedua ortunya emg sakit jantung, bahkan adik kakek ada cacat jantung bawaan jd meninggal saat remaja.


Klo post power syndrome biasanya bukannya ke arah sakit, tapi ke arah morang maring alias beteeee terus abis pensiun hehehe...

mantan copet said...

Maaf Mbak, saya datang hanya untuk meminta dukungan.

Memang saya ini hanya mantan manusia bejat, tapi sumpah Mbak, saya sudah benar-benar insyaf, karena saya punya satu keyakinan bahwa saya pasti bisa berubah menjadi orang yg lebih baik.
Nothing Impossible, ndak ada yg ndak mungkin. Maka dari itulah kali ini saya akan berbagi sedikit kisah hidup saya selama masa transisi itu, dan melalui komentar ini, saya mohon berikanlah satu komentar saja untuk postingan saya, Mantan Copet Itu Akhirnya Jadi Seorang Pengusaha.

"Satu komentar Anda adalah seribu keping emas buat saya."

Trimakasih Sahabatku.

tien honey said...

Setuju dh, sy juga punya mimpi ga mau mpe pensiun kerja d kantor, mau nikmati hidup tanpa hrs diatur ma jam kerja 8 teng mpe 16.30 gitu, mau lbh perhatian ma keluarga kecil aq n my Mom yg kucintai, mau lbh fokus k bisnis yg telah membuatku memiliki banyak mimpi dan smangat tuk meraih sgala mimpi.